Senin, 04 Juni 2012

R. A Ibnu Bathutah “Disiplin Terus Memotivasi Prestasi Anak Didik,”


Kab. Cirebon, (SC).-  Dengan berusaha mencapai  visinya yaitu untuk mencetak anak didik yang kreatif, ceria dan berprestasi. R. A Ibnu Bathutah yang beralamat di Desa Pengarengan, Kec. Pangenan, Kab. Cirebon ini menerapkan misi-misi yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang disiplin dan mandiri, serta mencerdaskan dan membentuk karakter anak didik yang berakhlaqul karimah.
Raudhlatul Athfal tersebut berdiri dan diresmikan  pada tahun 2000, juga telah lulus penilaian dengan predikat akreditasi B. Sedangkan jumlah guru pengajar sendiri ada  7 orang yaitu Umi Salamah, S.Pd.I, Muanah, Otini, Siti Fatimah, S.Pd.I, Isyati, Masiroh Nurlaelah dan Uswatun Khasanah sebagai Kepala Sekolah.
Ketika ditemui Suara Cirebon pada Sabtu (14/04), Uswatun menjelaskan bahwa dengan mengacu pada kurikulum Kemenag, ia dan rekan-rekan guru lainnya berusaha untuk terus memberikan pendidikkan yang terbaik bagi anak didiknya.
“Disamping  menerapkan Sistem Belajar Mengajar yang mengacu pada kurikulum Kemenag, kami pun mengadakan berbagai kegiatan positif seperti melakukan kunjungan ke Kantor Pos Giro, Batik Trusmi, Toko Buku Gramedia Grage, Keraton Kesepuhan, Stasiun Kejaksaan, dan Pelabuhan Cirebon,” jelasnya.
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di RA. tersebut mencakup aspek-aspek ibadah, di antaranya melakukan praktek ibadah setiap satu minggu sekali yaitu pada hari sabtu, praktek sholat dan wudhu yang dilaksanakan satu bulan sekali. Selain itu, diadakan juga olahraga rutin setiap satu minggu sekali.
Dengan usaha yang maksimal, akhirnya anak didik R. A Ibnu Bathutah telah mengukir banyak prestasi yang cukup membanggakan bagi guru maupu para orang tua muridnya, yaitu prestasi di berbagai perlombaan, diantaranya pernah menjuarai lomba Tari Nusantara tingkat Kecamatan dengan putra-putrinya yang meraih juara I di Astana Japura sebagai Pengurus cabang pada tahun 2010,  juara II Lomba Tahfidz Qur’an tingkat kecamatan dengan bertempat di cabangnya yaitu di Astana Japura pada tahun 2010, juara I lomba Kreatifitas PC IGRA Pangenan tingkat kecamatan pada tahun 2010, dan juara I lomba Mars R. A tingkat kecamatan bertempat di Astana Japura pada tahun 2009.
Sedangkan prestasi lainnya yang dicapai yaitu juara I lomba mewarnai gambar tingkat kecamatan pada tahun 2010, juara II lomba mewarnai gambar dalam rangka HUT KHB Cirebon tingkat kecamatan yang bertempat di Pangenan pada tahun 2010, juara III lomba mewarnai dalam rangka kegiatan KKN Mandiri  Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2010, dan juara harapan lomba mewarnai yang diadakan Hufagrip pada tahun 2006.
“Kami terus memprioritaskan sikap disiplin, dan terus berusaha menanamkannya baik pada anak didik maupun pada guru pengajarnya sendiri,” ungkapnya.
Karena disiplin pula anak didik  R.A. Ibnu Bathutah sangat termotivasi untuk berprestasi, anak-anak berprestasi yang namanya terukir di hati para guru pengajarnya, dan mengharumkan nama R. A Ibnu Bathutah tersebut ialah Rosi Ramadhani, yang menguasai semua bidang, dengan orang tua bernama Eka, sedangkan putri dari Masiah yaitu Yuli Alifah sangat mahir mewarnai, putra dari Hindun pun yang bernama Ahmad Palikh Ramdani telah menguasai seluruh materi pelajaran dan pandai membaca al qur’an, sedangkan putri dari Nini yaitu Nur Khasanah sangat menguasai bahasa dan sangatlah bersikap mandiri, dan putra dari Sumi yaitu Moh. Umai Rizqi sudah menguasai hafalan doa-doa pendek.
Meski banyaknya prestasi yang telah diraih, R. A Ibnu Bathutah tergolong R. A yang masih sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah, terkait dengan minimnya dana baik untuk segi sarana maupun prasarananya.
“Kami berharap untuk ke depannya akan ada pertambahan jumlah murid dan peningkatan mutu pendidikan,” harapnya. (A. Syatori/SC*)

0 komentar

Posting Komentar