Minggu, 03 Juni 2012

Program Pelayanan Terpadu (Yandu) Pemkab, Polres dan Kodim 0620 Buat Nota Kesepakatan "MOU"


SUMBER, (SC).- Terkait pelayanan terpadu (Yandu), Pemkab Sumber, Polres dan Kodim 0620 membuat nota kesepakatan bersama. Acara ini dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Cirebon pada Kamis (5/4) lalu. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Cirebon H.Dedi Supardi MM, Kapolres Cirebon, AKBP Hero Henrianto Bachtiar, Dandim 0620 Cirebon Letkol Arh Jamaah serta Kajari Sumber, Mahyuanti Laorani, SH, MH. Selain itu, Ketua MUI, Para Kepala Dinas, Camat, Kapolsek, Danramil se kabupaten Cirebon juga perwakilan para  kuwu pun turut hadir dalam acara ini.
Pelayanan terpadu merupakan pelayanan yang sangat sinergi antara Pemda, Polri dan TNI. Penandatanganan nota kesepakatan ini dimaksud agar program Yandu yang digagas Kapolres Cirebon dapat diterima dan direalisasikan keseluruh kecamatan yang ada di kabupaten cirebon.
Program Yandu merupakan upaya jemput bola instansi terkait dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat agar kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan baik, cepat dan terjangkau. “kebersamaan bukan hanya slogan saja tapi betul-betul direalisasikan dilapangan,”  tegas Kapolres Cirebon.
Pelayanan yang dimaksud meliputi pelayanan yang biasa dilakukan di kantor Polisi seperti, SKCK, ijin keramaian,laporan pengaduan, laporan kehilangan dan informasi kepolisian yang lainnya, baik yang menyangkut soal pembuatan SIM, informasi pendaftaran AKPOL dan lain sebagainya. Sementara untuk Pelayanan Pemda meliputi pelayanan yang biasa diurus di kecamatan seperti, pelayanan Akte Kelahiran, e-KTP, dan pembuatan KK.  Sedangkan pelayanan TNI meliputi informasi bela negara dan Pendaftaran calon Tamtama.
Program ini dilaksanakan dengan cara turun ke masyarakat, baik yang di desa maupun pusat keramaian. Prakarsa utamanya adalah polsek, koramil dan kecamatan. Gabungan tiga instansi akan giat ke masyarakat langsung, terutama pada setiap selasa dan kamis, yang dilakukan secara bergilir baik ke desa-desa maupun ke pusat keramaian,” ujar Dandim 0620, Sumber.  
Sementara Bupati Cirebon menyatakan mendukung sepenuhnya atas program Yandu ini. Bagi Bupati yang terpenting adalah sebagai bentuk pelayanan dan pengabdian untuk kepentingan rakyat. Bahkan Bupati menginstrusikan kepada para camat untuk mendukung dan melaksanakan program ini tanpa pamrih. “terima kasih kepada Bapak Kapolres atas prakarsanya, demi kepentingan rakyat, saya sangat setuju,” tegas Dedi Supardi. (Handi/SC)

0 komentar

Posting Komentar