Senin, 04 Juni 2012

Panen GP3K PT Pertani di Desa Bayulangu Kidul Kec. Gegesik



Kab. Cirebon, (SC).-
Wakil Bupati Cirebon, H.Ason Sukasa SmHk., bersama Istri Menag BUMN Dahlan Iskan, Nafsiah Sabri, melakukan panen raya di Desa Bayulangu Kidul Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon, Rabu, (18/04). Pada acara tampak hadir Kadistanbunakhut Ir.Ali Effendi, MM., Dirut PT Pertani, Ir Dwi Antono dan Direktur Keuangan PGN M. Riza Pahlevi. Sementara panen tersebut dilakukan dengan cara pemotongan padi dengan menggunakan alat tradisional seperti ani-ani dan arit.
Tak hanya alat tradisonal, Wakil Bupati H. Ason Sukasa SmHk dan Nafsiah Sabri juga mempergunakan inovasi teknologi panen dengan menaiki mobil perontok padi hanya dengan wktu 15 menit. “Kabupaten Cirebon merupakan salah satu sentra produksi pangan di tingkat Regional dan Nasional dengan penduduk yang berjumlah 2 juta jiwa sebagian besar hidup dari pertanian, 54.581 hektar merupakan lahan pertanian oleh karena itu pembangunan masyarakat Kabupaten Cirebon telah dan terus dituntut berperan dalam penyediaan sumber bahan pangan dan bahan baku industri pangan,” terang Wabup.
Dikatakan bahwa pada musim tanam 2010/2011 Kabupaten Cirebon mendapat urutan ke lima dalam penyediaan beras tingkat Provinsi Jawa Barat dan Jawa Barat merupakan peringkat Pertama dalam penyediaan beras tingkat nasional. Produksi beras Jawa Barat sebesar lebih dari 11 juta ton di antaranya 360.161 ton berasal dari Kabupaten Cirebon. Program ketahanan pangan khususnya beras Pemerintah Kabupaten Cirebon yang didukung oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi telah melakukan kegiatan bantuan, diantaranya adalah alat mesin pertanian (Traktor, Pompa Air, Power Threser, RMU), Jalan Usaha Tani, SL-PTT, SL-IKLIM, SL-PHT, Optimasi Lahan, Pupuk Organik, Perbaikan Jaringan Irigasi baik pada Irigasi Tersier maupun Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT), Jarinag Irigasi Desa (JIDES), serta program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Koorporasi (GP3K) yang dilaksanakan bersama dengan PT Pertani. (Adm/SC**)

0 komentar

Posting Komentar