Minggu, 03 Juni 2012

Kemajuan Desa Pepen Cukup Pesat Semua Ini Berkat Kerjasama Antar Unsur Warga di Desa


MUNDU, (SC).-
Desa yang terdiri 17 RW dan memiliki 50 RT ini, kini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Mulai dari pembangunan fisik dengan dibangunnya banyak irigasi pengairan, rehab kantor dan masjid, serta beberapa sarana sekolah. Hasil panen padi di desa ini saja, kabarnya mampu menghasilkan 1 ton dari sawah yang ditanami seluas 1 hektar. Belum lagi mereka dari kalangan ekonomi keluarga yang tidak mampu, kini semuanya sudah bisa bersekolah dengan nyaman.
Desa Penpen yang berada di Kec. Mundu, Kab. Cirebon, memang tak bisa dilihat oleh sebelah mata. Apalagi jika dibandingkan dengan desa-desa lainnya di Kab. Cirebon, desa yang berada jauh dari pusat pemerintahan kabupaten, ternyata Desa Pepen mampu membangun dirinya lebih baik dan hasilnya tentu hanya untuk kemakmuran warga setempat. “Ya, kemajuan ini berkat kepedulian yang tinggi dari semua unsur desa, termasuk kerja sama antar warga yang dengan ikhlas mau untuk melakukan swadaya, sehingga sedikit demi sedikit kita mencoba untuk membenahi desa ini,” ujar Johana, Kepala Desa Pepen, saat dihubungi Suara Cirebon, Rabu (04/04) di kantornya.
Dijelaskan Johana, selain aspek pembangunan, hingga kini di Desa Pepen pun masih menjalankan tradisi lamanya yakni adanya pasar musiman atau pasar caplek yang jatuh pada bulan mulud. Pasar caplek ini secara ekonomis sedikitnya bisa mendongkrak sisi ekonomi pendapatan warga disini termasuk juga bagi pemerintahan desa.  Sedangkan di sektor pengairan, beberapa irigasi-irigasi air telah dibangunnya agar dapat melancarkan aliran air ke sawah-sawah petani. Sedang di bidang kesehatan, Desa Penpen pun telah tersedia Posyandu dan obat gratis untuk pelayanan pada masyarakat yang kurang mampu.
“Pembangunan di Desa Penpen juga berkat adanya bantuan dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat yang sebagian besar berkat bantuan Pemkab juga swadaya masyarakat di desa ini. Bahkan kini di Desa Penpen telah menerapkan program cepat tanggap, hasilnya masyarakat disini selalu bergotong royong dalam setiap kegiatan yang menyangkut desanya. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya khususnya kepada masyarakat Desa Penpen, karena semua kemajuan dan kemakmuran ini berkat adanya kerja sama di antara masyarakat dan pemerintah desanya” ucapnya. (Andri/**)

0 komentar

Posting Komentar