Sabtu, 02 Juni 2012

PAUD Al Anwar Gunakan Kurikulum Disdik dan Berbasis Karakter


SUMBER, (SC).-
PAUD TK Al Anwar menggunakan kurikulum Dinas Pendidikan dan kurikulum berbasis karakter yang diadopsi dari yayasan IHF (Indonesia Heritage Foundation). Hal ini untuk meningkatkan dan menerapkan karakter agar anak memiliki IQ, EQ dan SQ yang tinggi.
Menurut Kepala PAUD Al Anwar, Rowimah mengatakan bahwa kurikulum berbasis karakter memberikan berbagai muatan dan menumbuhkan karakter siswa. Dengan pendekatan-pendekatan yang sesuai dengan sifat anak-anak akan lebih mengutakan dan mempermudah proses pembelajaran. “Kami melaksankan kurikulum berbasis karakter melalui metode 3 aspek yaitu Knowning The Good (pengetahuan), Feeling Loving The Good (mendekati anak penuh perasaan dan cinta kasih) dan Acting The Good (melakukan apa-apa yang sudah diketahui),” katanya.
Keterkaitan program itu memprioritaskan jurnal yang dilaksanakan setiap hari menjelang kegiatan inti. Jurnal tersebut menerapkan agar siswa mengekspresikan melalui goretan-goretan pensil sesuai emosi siswa pada saat itu. “Kami juga melaksanakan program mengaplikasikan pendidikan karakter melalui 9 pilar karakter,” terangnya.
PAUD yang berada di Jl. Sunan Drajat, Kelurahan Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon ini didirikan dan diresmikan pada tanggal 7 Juli 2003. Dan saat ini PAUD Al Anwar memiliki berbagai program unggulan seperti mengupayakan kebutuhan utama siswa berupa baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode tilawatil. “Kami menargetkan siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan benar yaitu secara fasih, benar dan cepat sekaligus menanamkan irama lagu Rosyet,” ujarnya.
Pihaknya mengupayakan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga saat anak lulus dari PAUD Al Anwar mampu berkompetensi di tingkat pendidikan lanjutan (SD dan seterusnya-red) dengan menggunakan metedologi yang sesuai dengan psikolgi anak. “Kami pernah mendapat bea siswa program pendidikan karakter dari Jawa Barat senilai Rp. 17 juta pada tahun 2008 yang ditujukan untuk anak-anak yang mendapatkan rengking the best,” katanya.
Rowimah mengharapkan agar kepercayaan masyarakat terhadap PAUD Al Anwar semakin meningkat karena pihaknya memiliki metode pendidikan yang sangat baik yang salah satunya adalah bagaimana membentuk anak yang cerdas tidak sekedar IQnya saja, tapi juga memaknai kecerdasan secara kholistik. “Pada umumnya program ini dijalankan di wilayah Sumber, dan khususnya program ini dijalankan di PAUD Al Anwar,” pungkasnya. (A. Syahtori/SC)

0 komentar

Posting Komentar