Sabtu, 02 Juni 2012

PAUD AL Falah Tumbuh Kembangkan Bakat dan Minat Siswa


LEMAHABANG, (SC).-
Menumbuhkembangkan bakat dan minat merupakan sektor yang sangat penting bagi pertumbuhan anak, terlebih pada anak usia dini. Pasalnya, ha tersebut dapat menjadi modal anak dalam menjalani kehidupannya. Hal inilah yang dilakukan oleh PAUD Al Falah yang berada di Jl. R Arif Rahman Hakim No. 1 Desa Sindang Laut Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon.
Menurut informasi yang diterima Suara Cirebon, penumbuhkembangan bakat dan minat tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya adalah dengan meningkatkan motivasi kepada anak.
Dikatakan Kepala PAUD Al Falah, Ridwan, S.Pd.I. bahwa PAUD yang berdiri pada tahun 2004 dan diresmikan pada tanggal 13 Juli 2004 ini memiliki visi ‘mewujudkan peserta didik yang beriman, taqwa, cerdas, berkualitas, matang dalam bertindak, serta  mandiri’. Untuk itu, kata Ridwan, pihaknya terus meningkatkan mutu pendidikan dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti pembelajaran iqro 1 samapai Iqro 6 dan Al-Qur’an, senam, praktek ibadah dan lainnya.
“Kami memiliki keunggulan di bidang agama yaitu cara membacanya sudah cukup baik. Setiap harinya, sebelum masuk kelas tepatnya saat baris kami melakukan pembacaan do’a-do’a pendek pada jam 7.30 wib sampai 8.15 wib, sedangkan kegiatan tahunannya adalah manasik haji rutin dan kunjungan ke stasiun dan puskesmas,” ujar Ridwan.
Ridwan menyebutkan, dalam proses KBM PAUD Al Falah memiliki 7 guru yaitu Muniroh, Uun Unayah, Jubaedah, Solihah A.m.a., Atikotun, Nurlela dan kepala PAUD. Mereka mendidik sebanyak 124 anak dengan misi ‘melayani peserta didik secara optimal dan proposional, serta menumbuh kembangkan potensi peserta didik sesuai bakat dan minatnya.
Atas kerja keras dan kekompakkan pihak sekolah dan orang tua, PAUD Al Falah berhasil menyabet berbagai prestasi seperti juara 2 lomba keteladanan tingkat Kabupaten tahun 2006, juara 2 lomba mewarnai putrid tingkat kabupaten tahun 2004, juara 3 lomba mewarnai putra tingkat kecamatan tahun 2005, juara harapan 1 lomba gerak jalan putrid tingkat wilayah timur bagian tengah Kabupaten Cirebon tahun 2010, juara 1 lomba busana putra putrid tingkat wilayah timur bagian tengah Cirebon tahun 2010, juara 1 lomba hafalan surat-surat pendek putrid tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2010 dan juara harapan 1 lomba adzan tingkat nasional tahun 2008.
Dari sekian prestasi tentunya berkat anak didik PAUD Al Falah yang menonjol seperti Pelda menguasai bidang mewarnai, Idam bidang mewarnai, A. Sobikh bidang membaca Al-Qur’an, Yansah bidang kesenian, Toyib bidang membaca dan Putu Abdurohamn menguasai bidang membaca Iqro.
Ridwan berharap agar kedepannya PAUD Al Falah lebih kondusif dan terus meningkatkan mutu pendidikan. “Kami akan terus berusaha memaksimalkan proses KBM untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga,” pungkasnya. (Syatori/SC)

0 komentar

Posting Komentar